Di dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital yaitu untuk membekali siswa agar dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep melalui digital. Jadi didalam proses pembelajaran, siswa dapat mengomunikasikan gagasan atau konsep yang dikemukakan orang lain dan mewujudkannya melalui media digital, yang bertujuan untuk menguasai teknik mengomunikasikan gagasan dan konsep.
Media digital yang dimanfaatkan untuk mengonikasikan gagasan atau konsep adalah yang telah secara luas tersedia seperti aplikasi atau platform digital dengan menggunakan peralatan elektronika atau peralatan teknologi informatika dan komunikasi yang ada.
Simulasi Digital memiliki ruang lingkup sesuai dengan tujuannya sebagai berikut :
1. Komunikasi Dalam Jaringan (Komnikasi Daring)
Lewat konikasi Daring, Siswa dapat memanfaatkan jeajring sosial untuk mencari dan mendapatkan informasi sebagai pendukung gagasan atau konsepnya sekaligus gagasan atau konsepnya.
Komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan (synchronous) maupun dalam waktu yang berbeda (asynchronous). Komunikasi daring dapat dilakukan dengan mengirim gambar dan teks, dan juga memungkinkan kominakator dengan komunikan melakukan komunikasi langsung dengan saling melihat gambar lawan bicaranya.
2. Kelas Maya
Melalui kelas maya, dalam lingkup ini siswa dpat ikut serta dallam kelas maya yang diselenggarakan oleh siapapun, untuk meningkatkan pengetahuannya. Kelas maya sebagai kelas yang dilaksanakan "jarak jauh" dengan memanfaatkan jejaring internet.
Kelas maya memungkinkan siswa untuk mengunduh berbagai informasi pengetahuan yang telah disediakn oleh penyelenggara. sekaligus menyampaikan jawaban yang ditanyakan oleh guru.
Kelas maya merupakan kelas "terbuka" dan "jarak jauh" yang dibuat untuk pembelajaran yang dapat di ikuti siswa yang terdaftar, dan tidak ada perbedaan dengan kelas tatap muka langsung antara guru dan siwa atau biasa disebut kelas konvensional.
3. Presentasi Video
Semakin mudahnya merekam gambar bergerak dalam bentuk video dan perkembangan teknik video dari analog ke digital, yang memungkinkan seseorang merekam gambar bergerak yang lebih baik. Meskipun harus mempelajari teknik merekam gambar dan penyuntingaannya, melalui video proses (proses merekam gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telepon genggam), presentasi video memberikan manfaat bagi siswa untuk membuat vide terutama mengomunikasian gagasan atau konsep.
mengomunikasikan gagasan atau konsep tadak hanya memerlukan banyak gerakan atau hanya memerlukan ruang gerak yang sedikit. Untuk kepentingan tersebut video process dapat digantikan dengan memanfaatkan webcam.
4. Simulasi Visual
Simulasi visual membekali siswa memvisualkan gagasan atau konsep yang bedanya belum ada atau sulit divideokan atau sesuatu yang bentuknya rumit dan letaknya tersembunyi. Pemanfaatan animasi 3 dimensi dapat menggantikan upaya mengomunikasikan gagasan atau konsep tersebut agar dapat lebih mudah dimengerti.
5. Buku Digital
Perkembangan digital memungkinakan memwujudkan buku "nirkertas" bahkan buku "maya" yang mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan. Teks yang menjadi hakikat buku dapat disimpan dalam bentuk digital. Buku digital membekali siwa mampu mengubahformat file teks menjadi buku digital, bahkan menambahkan video dan suara dalam buku tersebut.
Terima Kasih Sudah Membaca Pengertian Simulasi Digital Dan Manfaatnya Kurikulum 2013 SMK